Gerubok

ONEKLIK

NGULAK NGALIK

Home / JATIM / Blitar / AGENDA KERJA BUPATI BLITAR KE DESA SUMBER KEMBAR DALAM RANGKA PANEN MELON DAN PEMBAGIAN SERTIFIKAT PTSL

AGENDA KERJA BUPATI BLITAR KE DESA SUMBER KEMBAR DALAM RANGKA PANEN MELON DAN PEMBAGIAN SERTIFIKAT PTSL

Bidang pertanian di Kabupaten Blitar ada peningkatan dalam dekade kepemimpinan Bupati Rijanto. Khususnya pertanian hortikultura,mayoritas pengembangan pertanian hortikultura pelakunya kaum muda.

Acungan dua jempol disampaikan Rijanto dalam agenda kerja untuk memimpin panen skala besar buah melon jenis adinda di Desa Sumberkembar, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, Selasa (22/9/2020).

Awal bertani hortikultura ini kisaran tahun 2016. Dimana pelaku utamanya kalangan kaum muda setempat (desa sumber kembar).Dengan modal niat dan semangat pada akhirnya bisa menambah penghasilan dan memacu pertumbuhan ekonomi desanya dalam waktu empat tahun ini.Dengan tekun, telaten dan saling menjalin kerja sama antar petani sampai saat ini terkumpul 27 petani hortikultura jenis buah melon adinda.dalam penerapannya dengan pola green house.

Dalam kesempatan tersebut Rijanto mengatakan“Saya merasa bangga dengan pemuda pemuda di desa ini.ternyata denga pola pikir yang makin maju menghasilkan inspirasi untuk menciptakan cara bertani dengan cara green house.hasil panen jenis melon adinda ini juga tidak kalah dengan daerah lain.cukup menarik dan perlu di kembangkan lagi agar hasilnya bisa lebih bagus” saya berharap agar petani melon disini tidak hanya sementara,tapi di kembangkan untuk selamanya.Nanti saya memerintahkan dinas terkait(Dinas pertanian)untuk memberikan pembinaan dan pendampingan para kaum muda yang berinspirasi dalam pengembanga pola tani green house.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar Wawan Widianto, mengatakan, harga pasar buah melon jenis adinda ini sangat baik.Dengan keberhasilan bertani melon yang di tunjukkan kaum pemuda desa Sumber Kembar ini bisa jadi contoh untuk di ikuti daerah lain wilayah kabupaten Blitar.

Penggerak utama sistim tani modern ini adalah M Nasir.Metode green house ini di terapkan karena ada kelebihannya,antara lain perawatan yang gampang ,tidak memakan biaya banyak ,mudah mengendalikan hama,untuk pupuk bisa di minimalkan dan dipastikan hasil panen cukup memuaskan.Dengan penerapan pola ini dalam kurun satu tahun bisa Penen 4 kali.Dengan asumsumsi lahan kurang lebih 8 are bisa menghasilkan 1,5 ton sekali panen.

Setelah acara tersebut selesai , Rijanto juga membagikan sertifikat PTSL Anggaran 2020 ke masyarakat desa sumber kembar. Dari jumlah 2500 sertifikat masih 104 yang di bagikan. Dalam pembagian sertifikat program PSTL ini bupati Di Dampingi Pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Blitar.(Agus Sukoco)

Check Also

PEMUDA PELOPOR KEWIRAUSAHAAN OLEH FORUM KARANG TARUNA KECAMATAN BINANGUN.

Media Lintas Indonesia Kabupaten Blitar,27/09/2021. Menjadi pengurus Karang Taruna merupakan pengalaman yang menarik, setiap jalan …

VAKSINASI MASSAL KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN BLITAR

MLi 10/06/2021.pelaksanaan vaksinasi massal Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar sudah sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jendral …

media UNGKAP TABIR

ABOUT LPPNRI

10 URUTAN BERITA YANG PALING BANYAK DI LIHAT

BERITA YANG PALING POLULER DAN KOMENTAR

SHARE AND FOLLOW THE SOCIAL MEDIA OF LINTAS INDONESIA

error: Content is protected !!