Gerubok

ONEKLIK

NGULAK NGALIK

Home / JATIM / Madura / Malam Ini, KPU Sumenep Resmi Menetapkan Pasangan Bupati dan Wabup Sumenep

Malam Ini, KPU Sumenep Resmi Menetapkan Pasangan Bupati dan Wabup Sumenep

Sumenep, (Lintasindonesia.co.id)-Pasangan Achmad Fauzi dan Hj. Dewi Khalifah (SIVA) resmi ditetapkan sebagai pemenang Pilkada serentak tahun 2020.

Penetapan ini dimulai pada pukul 19.00 Wib, dipendopo Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur, Jum’at (22/1/2021).

Divisi teknis, DR. Rahbini mengatakan tahapan Pilkada Sumenep telah berakhir setelah penetapan pasangan terpilih itu dilakukan.

“Penetapan ini berdasarkan SK KPU Kabupaten Sumenep dengan Nomor 08/PL.02.7-KPT/3529/KPU-Kab/I/2021 tentang Penetapan Paslon Bupati dan Wabup terpilih pada Pilkada serentak tahun 2020,” katanya.

Menurutnya, dengan SK, Paslon SIVA ini dinyatakan sebagai pemenang dalam kontestasi Pilkada Sumenep pada 9 Desember 2020 lalu.

KPU Sumenep melakukan penetapan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menerbitkan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) atau bukti formal tidak ada sengketa hasil Pilkada. Pada 20 Januari KPU Sumenep menerima Surat dari MK.

“Surat BRPK kita terima sekitar tanggal 20 Januari 2020, Sesuai aturan kita punya waktu lima hari setelah surat BRPK terbit untuk mengadakan rapat pleno terbuka penetapan paslon pemenang Pilkada Sumenep 2020,” jelasnya.

Selain itu, KPUD Sumenep juga langsung mengajukan pelantikan ke DPRD setempat yang selanjutnya akan di ajukan pasangan Fauzi-Eva ke Gubernur Jawa timur. “Nanti pak Gubernur yang bakal mengusulkan ke Kemendagri untuk dilakukan pelantikan,” tegasnya.

Adapun diketahui, dalam hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Sumenep 2020 pada tanggal 16 Desember lalu, Paslon nomor urut 01, Fauzi-Eva meraih 319.876 suara.

Sedangkan untuk Paslon nomor urut 02, Fattah Jasin-KH Ali Fikri (Gus Acing-Mas Kiai) memperoleh 296.676 suara. Dengan artian Paslon nomor urut 01 unggul dengan meraup 51,9 persen suara.

Mengingat Pandemi Covid-19, penetapan ini dilakukan secara terbatas, dan tetap mengikuti prokes. Hadir pada kesempatan itu
Ketua KPUD Sumenep, A. Warits,S.Sos beserta Jajarannya, Perwakilan KPU provinsi Jawa timur, Pasangan Calon terpilih, Pimpinan Partai pengusung, Bawaslu, dan Perwakilan DPRD Kabupaten Sumenep. (Yas)

Check Also

Polres Sumenep Kawal Ketat Balik Mudik Gratis

SUMENEP, MEDIA-LINTASINDONESIA.CO.ID _Lintasindonesia.co.id- Balik mudik gratis jurusan Sumenep-Surabaya-Jakarta dari terminal Arya Wiraraja Sumenep, Madura, Jawa …

Bulan Puasa Ramadhan 1444 H, Pemdes Aengdake Berbagi Berkah

Bulan Puasa Ramadhan 1444 H, Pemdes Aengdake Berbagi Berkah Sumenep, Lintasindonesia.co.id- Pemerintah Desa (Pemdes) Aengdake, …

Rutan Klas IIB Sumenep Gelar Simulasi Kunjungan Tatap Muka

Rutan Klas IIB Sumenep Gelar Simulasi Kunjungan Tatap Muka Sumenep, Lintasindonesia.co.id- Rutan Klas IIB Sumenep, …

media UNGKAP TABIR

ABOUT LPPNRI

10 URUTAN BERITA YANG PALING BANYAK DI LIHAT

BERITA YANG PALING POLULER DAN KOMENTAR

SHARE AND FOLLOW THE SOCIAL MEDIA OF LINTAS INDONESIA

error: Content is protected !!